Pertanian Organik

Konsep pertanian organik berawal dari pemikiran bahwa di alam, terdapat ribuan jenis tanaman yang tumbuh subur tanpa campur tangan manusia. Alamlah yang memberi perlindungan untuk semua makhluk hidup yang berada di dalamnya termasuk tumbuhan/ tanaman. Tanaman tumbuh dengan pupuk alami yang berasal dari kotoran hewan di alam.

92459bd0bcba89b264afbd7c2e20b3e4

Perkembangan dunia pertanian saat ini semakin pesat. Berbagai teknik bercocok tanam yang mudah dapat dilakukan tidak hanya oleh petani tetapi oleh berbagai kalangan masyarakat. Teknik bercocok tanam yang sedang digemari saat ini adalah teknik bercocok tanam secara organik. Bertanam secara organik sama artinya dengan bercocok tanam tanpa menggunakan bahan-bahan kimia berupa pupuk, pestisida, hormon, pemicu pertumbuhan, dan sebagainya.

Kelebihan dari pemberian bahan-bahan yang mengandung zat kimia tersebut memang akan meningkatkan produksi. Namun, kekurangannya dapat terjadi pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan bila pemakaian produk tersebut dilakukan secara tidak bijaksana dan berlebihan. Selain itu, petani bisa menjadi ketergantungan terhadap bahan kimia yang harganya mahal, bahkan terkadang langka

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *