FAQ

Apa itu Patri?

Patri merupakan sebuah wadah yang menghubungkan para petani dengan pemilik lahan. Patri tidak hanya menghubungkan petani dengan pemilik lahan, namun Patri melakukan pelatihan kepada para petani dalam meningkatkan wawasan petani dan meningkatkan kualitas metode bertani para petani. Hal ini dilakukan guna mendapatkan hasil panen yang maksimal. Sehingga, nilai produk pangan bertambah yang berpengaruh pada perubahan harga yang dapat meningkatkan kesejahteraan para petani dengan misi ketahanan pangan.

Bagaimana cara bergabung ke Patri?

  1. Anda melakukan registrasi online melalui website resmi patri atau mendownload aplikasi PETANI di telepon pintar Anda untuk melengkapi data diri. Registrasi dapat juga dilakukan melalui telepon atau sms.
  2. Saat melakukan pengisian data diri, disana akan tertera spesifikasi yang sesuai dengan “kemampuan” Anda, diantaranya sebagai petani atau pemilik lahan. Didalam aplikasi PETANI, pemilik lahan dianggap sebagai petani.

Apa yang dilakukan Patri?

Patri menanam tanaman yang pemintaannya tinggi dan terus bertambah di pasaran, seperti beras, cabai, dan tanaman palawija lainnya. Patri menggabungkan pemilik lahan dan petani yang sudah terlatih untuk menanam produk pangan. Penanaman ini disesuaikan dengan kemampuan tanah dalam menanam jenis-jenis tanaman.

Bagaimana jika ingin melakukan investment di Patri?

Jika ingin melakukan investment di Patri, diharapkan untuk langsung menghubungi admin@gopatri.net atau menghubungi 085793377790 atas nama Alfianto via telepon.

Bagaimana cara kerja Patri (untuk investor)?

  1. Hubungi pihak Patri melalui admin@gopatri.net atau menghubungi 085793377790 atas nama Alfianto via telepon.
  2. Pihak Patri akan menemui langsung pihak investor.
  3. Investor akan membayar semua modal yang dibutuhkan. Mulai dari kontrak lahan, gaji petani untuk membuka lahan dan bertani, gaji smk, pupuk, bibit, dsb. Keterangan biaya yang dibutuhkan akan dilaporkan secara transparan kepada investor.
  4. Setelah deal, petani akan dipertemukan dengan lahan yang akan digunakan.
  5. Pemilihan tanaman yang akan ditanam dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu Patri menentukan tanaman yang sesuai dengan jenis tanah yang memiliki permintaan tinggi dipasar atau mengikuti keinginan investor.
  6. Investor diwajibkan untuk mengunduh aplikasi “Kumpul Data” dimana investor akan diberikan akses untuk melihat data perkembangan dilapangan yang terdiri dari foto, proses kegiatan, tinggi tanaman, dan jumlah hasil tanaman.
  7. Kepada siapa hasil akan dijual dan hasil penjualan akan dibagi berdasarkan perjanjian yang telah dibuat terdahulu.

 Apa saja tugas dari peran-peran yang ada di Patri?

  1. Investor (jika ada), mereka yang membiayai segala kebutuhan yang menunjang proses penanaman tanaman pangan.
  2. Petani, mereka yang sudah di latih yang bekerja di lapangan untuk mengurus dan merawat tanaman.
  3. Pemilik lahan, mereka yang sudah mendaftar di Patri yang menyediakan lahan yang akan digunakan untuk menunjang proses penanaman.
  4. Surveyor, mereka merupakan murid SMK yang sudah dilatih yang bekerja sebagai asisten petani dan pengumpul data untuk laporan dari lapangan tiap harinya.